Cara Praktis Bikin Pentol Bakso Super Enak

Masakan kuliner bernama bakso sudah sangat familiar bagai masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenis menu hidangan yang satu ini telah menjadi sebuah makanan yang digemari oleh penduduk negara yang terkenal akan keindahan alamnya tersebut. Hal ini ditambah lagi dengan harga masakan kuliner berwujud bulatan daging ini yang tergolong murah, sehingga terjangkau oleh semua golongan masyarakat. Sebenarnya, membuat menu hidangan yang akrab di lidah warga Negara Indonesia ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mengetahui cara bikin pentol bakso yang nikmat dan lezat.


Baca: Resep Bakso Bom Super Enak Dan Lezat

Bahan Membuat Pentol Bakso Nikmat

Bulatan daging atau sering disebut pentol adalah sebuah hal yang wajib ada dalam sebuah hidangan masakan bakso. Sebuah pentol bakso ini biasanya terbuat dari bahan dasar berupa daging yang dicampur dengan berbagai macam bumbu lainnya, sehingga terasa nikmat. Berikut ini berbagai bahan bikin pentol bakso yang perlu dipersiapkan.

- Daging sapi sebanyak 500 gram
- Es batu 100 gram
- Lada yang berbentuk bubuk 3 sendok teh
- Tepung kanji 400 gram
- Bawang putih yang telah diiris dan digoreng sebanyak 14 siung
- Bawang merah yang diiris tipis dan digoreng sebanyak 14 siung
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa sesuai selera

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Jumbo Spesial

Langkah Membuat Pentol Bakso

Tahapan membuat pentol bakso termasuk salah satu proses yang perlu kejelian dan ketelitian. Fase yang satu ini sangat menentukan rasa dari sebuah bakso. Oleh karana pentingnya tahapan ini, maka anda harus mengikuti setiap langkah dengan urut dan benar. Berikut ini langkah-langkah membuat pentol bakso nikmat yang perlu anda lakukan.

1. Ambilah daging sapi dan potong kecil sesuai selera. Kemudian cuci dengan air potongan daging tersebut.

2. Setelah tahapan pada poin 1 selesai, langkah berikutnya adalah menggiling daging tersebut. Campurkan daging sapi tadi dengan berbagai macam bumbu yang telah disiapkan seperti garam, tepung kanji, bawang putih dan bawang merah gorengan. Jangan lupa untuk menambahkan lada dan garam secukupnya. Berikan juga penyedap rasa sesuai selera.

3. Masukkan daging sapi tadi kedalam mesin penggilingan daging. Jangan lupa untuk menambahkan es batu kedalamnya. Masukkan sedikit demi sedikit sampai semuanya daging tergiling secara sempurna.

4. Uleni adonan hasil penggilingan tadi sampai benar-benar kalis.

5. Buatlah bulatan-bulatan dari adonan tersebut. Gunakan tangan anda untuk membentuk pentol bakso ini.

6. Ambillah panci dan letakkan diatas kompor. Masukkan air kedalamnya dan rebus sampai mendidih.

7. Masukkan bulatan-bulatan bakso tadi kedalam panci yang berisi air tersebut. Masak pentol tersebut sampai matang dengan ciri mengapung dipermukaan air.

8. Ambil dan tiriskan pada sebuah wadah bulatan bakso yang telah muncul dipermukaan rebusan air tadi.

9. Pentol bakso sapi siap diolah menjadi menu masakan yang nikmat.

Demikianlah berbagai macam bahan dan proses tentang cara bikin pentol bakso sapi yang mudah dengan rasa yang super enak. Resep yang satu ini dapat anda praktekkan di rumah masing-masing. Dengan menguasai cara membuat sebuah bulatan daging yang bernama bakso ini, maka akan menghormati pengeluaran untuk membeli kuliner yang familiar bagi masyarakat Indonesia tersebut. Apabila anda menguasai teknik membuat pentol bakso, maka juga bisa menjadi peluang untuk membuka usaha masakan kuliner yang terjangkau dan lezat ini, sehingga akan menambah pemasukan bagi diri sendiri. Selamat mencoba!.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Terenak Granat Yang Super Besar

0 komentar