Cara Pembuatan Bakso

Salah satu menu sajian berkuah yang sangat mudah untuk di jumpai di mana saja dan bahkan di sekeliling tempat tinggal anda pun juga sudah pasti ada yaitu adalah sajian bakso. Meski bakso dijual dengan harga yang terjangkau dan juga mudah untuk di temukan namun beberapa orang juga penasaran dengan bagaimana cara pembuatan bakso. Pada umumnya bakso dibuat dengan menggunakan campuran tepung tapioka dengan daging sapi atau daging ayam yang digiling kemudian di tambah dengan beberapa macam bahan. Dan bakso juga dapat dibuat dengan menggunakan campuran ikan atau juga udang dan bahkan ada juga yang menggunakan daging kerbau untuk pembuatan bakso. Tidak hanya itu saja saat ini juga ada bakso sayur yang dibuat dengan menggunakan bahan sayur sayuran. Bakso merupakan makanan yang sangat gurih dan nikmat sehingga sajian ini dapat di santap saat sedang santai, sebagai sajian saat lapar, dapat dijadikan sebagai camilan. Dan bahkan menu sajian ini juga dapat dijadikan menu untuk berbagai macam acara seperti acara syukuran, acara keluarga dan bahkan ada di setiap acara resepsi pernikahan. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana resep pembuatan bakso maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.


Baca: Resep Bakso Moncrot

Bahan Pembuatan Bakso :

- Daging sapi 350 gram (dapat juga menggunakan daging atau campuran lainnya).
- Tepung sagu atau kanji 50 gram
- Bawang putih 4 siung
- Merica ½ sendok teh
- Air es 100 cc
- Garam 3 sendok teh
- Telur 1 butir

Bahan Kuah Bakso :
- Daun bawang 2 batang (diiris)
- Bawang putih 6 siung
- Garam 3 sendok teh
- Merica ½ sendok teh
- Tulang atau lutut sapi 600 gram

Baca: Resep Tahu Isi Bakso

Cara Pembuatan Bakso :
1. Untuk membuat kuahnya yaitu dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu kemudian ditambah dengan garam serta merica. Jika sudah maka rebus air hingga mendidih dan masukkan bumbu ke dalamnya lalu masukkan tulang sapi. Jika sudah maka saring bagian sari kuahnya.

2. Kemudian untuk pembuatan baksonya maka pertama anda dapat menghaluskan bawang putih beserta dengan garam dan merica terlebih dahulu.

3. Berikutnya giling daging sapi hingga halus dan campurkan dengan menggunakan tepung sagu, air es, telur, serta bumbu halus. Aduk adonan hingga menjadi rata.

4. Rebus air hingga mendidih kemudian ambil dan bulatkan adonan sesuai selera baik menggunakan sendok maupun dengan tangan.

5. Masukkan adonan ke dalam panci secara perlahan.

6. Apabila adonan mengapung maka dapat langsung diangkat dan ditiriskan.

7. Siapkan wadah mangkuk kemudian masukkan bahan pelengkap seperti mie kuning basah atau bihun dan sertakan juga bawang goreng serta daun bawang. Setelah itu masukkan bakso yang sudah matang dan beri kuah yang sudah dibuat.

8. Bakso dapat di santap dengan menggunakan saus, sambal dan kecap serta cuka sesuai selera.

Itulah beberapa cara pembuatan bakso yang dapat anda buat sendiri dirumah. Bakso yang telah anda buat tersebut juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan lainnya seperti misalnya sop bakso, tumis bakso, bakso goreng, bakso saus kacang dan lain sebagainya. Bakso juga dapat dijadikan camilan yang hanya dikonsumsi tanpa kuah namun menggunakan saus dan sambal serta kecap saja. Resep diatas memerlukan beberapa bahan sederhana yang dapat dengan mudah untuk anda jumpai di sekitar rumah anda. Terlebih cara untuk membuatnya juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga siapa saja dapat mencobanya.

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 15 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Bakso Kikil

0 komentar