Resep Bakso Moncrot

Menu sajian yang berbentuk bulat yang memiliki rasa lezat dan paling banyak digemari adalah bakso. Bakso merupakan salah satu menu yang sangat banyak peminatnya khususnya bagi masyarakat yang berada di Indonesia. Menu ini biasanya disajikan bersama dengan kuah gurih, bihun atau mie kuningk, sayuran, tahu goreng, dan juga tidak lupa dengan saus, sambal serta kecap. Bakso pun hadir dengan berbagai macam ragam sajian yaitu ada bakso ayam dan ada juga bakso sapi. Kedua jenis bakso tersebut dapat diolah lagi menjadi beberapa olahan seperti bakso urat, bakso sayur, dan yang paling unik adalah bakso moncrot. Bakso moncrot ini merupakan sajian bakso yang paling terkenal yang ada di jakarta. Bakso ini merupakan bakso tomat yang diberi nama cukup unik dan biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Namun untuk anda yang ingin membuatnya sendiri di dapur karena kebetulan juga jauh dari kota jakarta maka anda pun dapat membuatnya dengan menggunakan resep bakso moncrot dibawah ini. untuk anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.


Baca: Resep Tahu Isi Bakso

Bahan Bakso Moncrot :

- 500 gram tomat segar berukuran jumbo (lubangi bagian tengahnya dan keluarkan bagian isinya)

Bahan Isian Bakso Moncrot :
- ½ kilo gram daging sapi giling
- 100 gram tepung kanji
- 50 gram es batu
- 8 siung bawang putih (dihaluskan dengan menggunakan blender)
- 1 butir telur ayam
- 1 sendok teh lada bubuk
- Kaldu ayam secukupnya
- Garam secukupnya

Bahan Pelengkap Bakso Moncrot :
- Mie Kuning secukupnya
- Bihun secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Saus sambal
- Sambal cabai
- Kecap manis
- Cuka

Baca: Resep Bakso Kikil

Cara Pembuatan Bakso Moncrot :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencampurkan beberapa bahan seperti daging, kaldu, es batu, bawang putih, merica dan garam. Setelah itu haluskan dengan menggunakan blender dan letakkan ke dalam wadah yang telah di sediakan.

2. Kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

3. Tambahkan bahan telur dan aduk adonan hingga kembali merata. Adonan dapat dicicipi terlebih dahulu apabila dirasa ada rasa yang kurang.

4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka adonan dapat terus diaduk hingga 15 menit sehingga tekstur adonan menjadi kenyal dan nantinya akan mudah untuk dibentuk.

5. Bentuk adonan menjadi bulat bulat atau hingga berbentuk bola kecil dengan menggunakan sendok berukuran kecil. Setelah itu masukkan adonan bola ke dalam adonan tomat.

6. Rebus air mendidih dan masukkan adonan bola yang telah dimasukkan ke dalam adonan tomat. Apabila adonan mengapung maka dapat diangkat dan ditiriskan.

7. Setelah itu anda pun juga dapat membuat kuahnya dengan menggunakan kaldu dan dapat anda kreasikan sendiri.

Itulah resep bakso moncrot yang dapat anda olah sendiri dirumah. Resep diatas tersebut memerlukan beberapa bahan sederhana yang dapat anda temui di sekitar rumah anda. Dan untuk cara pembuatan bakso ini juga sangat mudah sehingga siapa saja juga dapat mencoba untuk membuatnya. Bakso moncrot ini dapat dijadikan sebagai menu hidangan di keluarga dan dapat juga di jadikan sebagai menu sajian untuk beberapa acara seperti acara keluarga, acara syukuran, dan bahkan acara resepsi pernikahan. Dengan mengetahui bagaimana cara membuatnya maka kini anda dapat berkreasi untuk membuat senang si buah hati dan juga keluarga tercinta untuk dapat menikmati sajian yang tidak biasa.

Menghasilkan : 25 mangkok
Porsi : 25 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Bakso Sayur




0 komentar