Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Yang Gurih Dan Lezat

Bakso dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan. Ada banyak jenis bakso karena memang bahan yang digunakan berbeda beda mulai dari bakso sapi, bakso ayam, bakso kambing, bakso kelinci, bakso ikan dan bakso yang lainnya. Salah satu bakso yang paling populer adalah bakso ikan. Bakso ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja bahkan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi karena tidak menyebabkan tensi naik seperti ketika mengkonsumsi bakso sapi. Anda yang senang dengan bakso ikan maka anda perlu untuk mengetahui mengenai cara membuat bakso ikan tenggiri yang gurih. Bakso ini sangat istimewa karena memiliki rasa gurih dan aroma ikan yang menggoda. Berikut adalah cara yang dapat anda ikuti namun pertama-tama anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu.


Baca: Resep Bakso Sapi Kenyal Alami

Bahan untuk membuat bakso ikan

- Ikan tenggiri yang sudah digiling sebanyak 300 gram
- Kaldu ayam bubuk sebanyak 1p2 sendok teh
- Putih telur dari 1 butir telur
- Air es sebanyak 100 ml
- 30 gram tepung sagu
- 1 batang daun bawang yang di iris halus

Bahan membuat kuah bakso
- Kaldu ayam sebanyak 1.5 liter
- Daun seledri satu hingga dua tangkai
- Garam sebanyak 1 sendok makan
- Merica bubuk sebanyak 1p4 sendok teh

Baca: Bakso Special Dengan Kuah Yang Nikmat

Cara untuk membuat bakso ikan tenggiri yang gurih, yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Langkah yang pertama untuk cara membuat bakso ikan tenggiri yang gurih adalah dengan mencampur bahan-bahan seperti ikan tenggiri, kaldu ayam bubuk putih telur, dan juga garam. Bahan bahan tersebut harus di haluskan dan kemudian diuleni dengan menggunakan tangan hingga benar benar tercampur rata.

2. Langkah yang selanjutnya anda dapat menambahkan air es sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan sambil terus diaduk cepat atau dikocok. Supaya mendapatkan hasil yang bagus anda dapat menggunakan mixer. Setelah bahan tercampur dengan air es, anda harus menambahkan tepung sagu dan juga daun bawang. Lalu aduk kembali supaya tercampur.

3. Apabila anda bahan sudah tercampur dengan baik, langkah selanjutnya anda dapat mengambil adonan tersebut dengan menggunakan sendok dengan bentuk bulat bulat. Anda juga dapat menggunakan teknik mengeluarkan butiran bakso dari tangan. Caranya adalah dengan meletakkan adonan sebanyak dua sendok ke telapak tangan lalu di tekan dengan cara menggenggam sehingga dapat keluar dalam bentuk bulatan. Setelah keluar baru di ambil dengan sendok dan masukkan ke air yang sudah mendidih.

4. Setelah semua bahan habis, masak bakso hingga matang dan mengapung. Ciri dari bakso yang sudah matang adalah sudah mengambang semuanya.

5. Jika sudah matang, anda dapat mengangkat bakso dan mematikan kompor. Selanjutnya anda sudah dapat membuat kuahnya dengan cara sendiri. Cara membuat bakso ikan tenggiri ini sangat mudah sekali.

6. Kuahnya bisa anda buat dengan cara memasak air lalu masukkan kaldu ayam, garam, daun seledri, merica bubuk, bawang yang di geprek dan bawang goreng.

7. Masukkan bakso ke dalam mangkok lalu anda dapat menuangkan kuah ke dalamnya.

8. Agar bakso semakin menggugah selera, anda dapat menambahkan kecap, saus atau bahkan sambal. Semuanya dapat disesuaikan dengan selera anda.

Cara membuat bakso ikan tenggiri yang gurih sangatlah mudah dan anda dapat membuat sendiri di rumah. Anda tidak perlu lagi untuk membeli bakso apabila anda sudah terbiasa untuk membuatnya sendiri. Bakso ini bukan hanya dapat di sajikan dengan kuah saja namun juga dapat dijadikan sebagai bakso goreng yang cocok untuk di jadikan sebagai cemilan. Semakin kreatif anda membuat bakso maka akan semakin menarik juga cara untuk menikmatinya.

Porsi: 4 orang
Persiapan : 30 menit
Waktu memasak: 1 jam

Baca: Sensasi Bakso Bandung Yang Menggoyang Lidah Penikmatnya


0 komentar