Sensasi Bakso Bandung Yang Menggoyang Lidah Penikmatnya

Mendengar kota Bandung pasti kita akan membayangkan beberapa kuliner yang terkenal di daerah tersebut. Salah satu kuliner yang juga banyak ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia yakni bakso bandung merupakan kuliner populer bagi kaula muda, lanjut usia bahkan juga anak-anak. Semua Hampir semua kalangan menyukai kuliner yang satu ini. Walaupun dengan nama yang berbeda dan juga rasa yang juga pastinya berbeda, setiap orang tidak pernah lepas dari kuliner yang satu ini. Walaupun tampilannya sangat sederhana namun rasanya sangat menggoyang lidah penikmatnya.


Bakso khas kota Bandung ini memang memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dari bakso pada umumnya. Namun yang pasti kuliner ini memberikan keanekaragaman tersendiri untuk Indonesia yang memang terkenal dengan kulinernya. Tidak hanya itu saja, bumbu yang digunakan untuk pembuatan bakso ini juga memiliki perbedaan yang memang tidak bisa ditemukan di daerah manapun. Untuk jenis bakso dari kota Bandung ini termasuk bakso yang langka dijumpai di kota lain karena memang hanya orang tertentu yang bisa membuatnya. Nah bagi kalian yang ingin mencicipi rasa bakso khas bandung ini bisa disimak berikut ini.

Baca: Resep Bakso Solo Legendaris Yang Terkenal Di Seluruh Indonesia

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakso Bandung:

- 125 gram daging ikan tenggiri di haluskan
- 50 gram tepung kanji tani
- 25 gram udang
- 5 buah baso sapi
- ½ siung bawang putih
- ¼ sdt garam
- ¼ sdt gula pasir
- 1/8 sdt micin
- 1 putih telur
- 2 buah tahu putih original
- 3 batang daun seledri
- 10 lembar kulit pangsit goreng
- 1½ sdm bawang merah goreng

Bahan Kuah basko cuangki :
- 1500 ml air
- 300 gram tulang sapi
- ¼ sdt merica bubuk
- ¼ sdt gula pasir
- ¼ sdt kaldu ayam bubuk
- 2 sdt garam
- 2 siung bawang putih

Pelengkap untuk taburan bakso :
- 1 batang daun seledri diiris halus
- ¼ goreng bawang
- sambal

Baca: Bakso Jamur Praktis Porsi Besar

Cara membuat bakso bandung cuangki :

1. Langkah pertama yaitu dengan menghaluskan daging lalu dicampurkan bersama tepung kanji, putih telur, udang, bawang putih, gula pasir dan juga micin.

2. Kemudian aduk sampai merata hingga adonan menjadi kalis atau menyatu.

3. Setelah itu adonan dibagi menjadi tiga bagian yaitu untuk siomay, untuk isian tahu dan juga untuk dimasukkan kedalam kulit pangsit.

4. Adonan siomay dan juga adonan untuk diisikan kedalam tahu dikukus sekitar 30 menit. Sedangkan untuk isian pangsit bisa digoreng.

5. Setelah matang semua, potong-potong menjadi beberapa bagian.

Bahan membuat kuah :

1. Rebus tulang sapi hingga matang dan dicampur dengan garam, merica bubuk, bawang putih yang sudah dihaluskan, gula pasir dan juga kaldu ayam.

2. Tunggu sampai masak.

Untuk penyajiannya bisa diisi dengan siomay, tahu isi dan juga pangsit goreng kedalam mangkuk. Siram dengan kuah yang sudah dibuat dan dicampuri dengan kecap, sambel dan juga saus. Untuk taburan tambahan bisa menggunakan seledri dan juga bawang goreng.

Itulah cara membuat bakso bandung yang mudah dan tidak repot. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Nah sekarang kalian bisa mencobanya sendiri dirumah dengan mempersiapkan semua bahannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat bakso yang lezat untuk keluarga.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1,5 jam
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Sop Bakso Yang Mudah Dibuat

0 komentar