Resep Bakso Sapi Kenyal Alami

Membuat bakso ternyata tidak sulit. Anda yang senang untuk mengkonsumsi bakso yang istimewa dengan rasa yang kenyal maka sebaiknya mengetahui mengenai resep bakso sapi kenyal alami. Bakso yang tidak dibuat dengan benar biasanya memiliki tekstur yang lembek dan tidak kenyal. Anda dapat membuat bakso kenyal meskipun tidak menggunakan borak. Sata ini ada banyak pedagang nakal yang membuat bakso dengan diberi tambahan borak supaya tekstur lebih kenyal dan keras namun borak tentu sangat membahayakan kesehatan. Dari ada nada merasa kawatir ketika akan memakan bakso di warung makan bakso maka sebaiknya anda membuatnya sendiri. Berikut adalah cara yang harus anda lakukan namun pertama-tama tentu anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu.


Baca: Bakso Special Dengan Kuah Yang Nikmat

Bahan bahan untuk resep bakso sapi kenyal alami:

- 500 gr daging sapi bagian paha yang sudah di giling
- Bawang putih 5 siung
- Penyedap 1/2 sdt
- 1 sdt garam
- 1p2 sdt lada
- Telur ayam 1 butir
- Baking powder 1/2 sdt
- Tepung tapioca 50 gr
- Es batu sekitar 10-15 kotak

Baca: Sensasi Bakso Bandung Yang Menggoyang Lidah Penikmatnya

Langkah langkah untuk membuat bakso sapi kenyal alami

1. langkah yang harus anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan bahan.

2. Selanjutnya anda harus merebus air terlebih dahulu dengan menggunakan panci. Sambil anda menyiapkan bahan nantinya air yang ada di panci akan mendidih sehingga dapat digunakan untuk merebus butiran adonan bakso yang siap untuk dimasak.

3. Langkah selanjutnya anda harus mencampurkan semua bahan yang ada di dalam resep bakso sapI mulai dari daging hingga es batu ke dalam blender. Campur dan haluskan hingga semuanya tercampur dengan rata

4. Setelah itu, anda dapat mengeluarkan adonan dan kemudian letakkan di dalam baskom agar lebih mudah untuk dibentuk.

5. Bentuk adonan bulat dengan teknik meremas dan menggenggam hingga adonan keluar melalui sela dari jari telunjuk daan ibu jari adonan yang keluar biasanya sudah berbentuk bulat lalu anda dapat mengambilnya dengan menggunakan sendok.

6. Setelah itu anda memasukkan adonan ke air panas terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam panci dengan air yang mendidih. Hal ini dilakukan supaya nantinya adonan terlihat halus dan cantik.

7. Masukkan ke dalam air mendidih dan masak hingga bakso mengambang dan matang. Setelah semuanya matang, anda dapat mengangkatnya dan siap. Untuk di masak dengan kuah yang lezat.

8. Bakso yang sudah anda buat dapat di sajikan kapan saja namun jika dna ingin menyimpannya maka anda sebaiknya meletakkannya didalam kulkas agar dapat bertahan lebih lama. Menikmati bakso buatan sendiri adalah sesuatu yang sangat menyenangkan apalagi jika hasil masakan memang benar benar berhasil dan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Cara atau resep bakso sapi kenyal alami yang telah di sebutkan diatas adalah cara yang sangat sederhana. Anda tidak memerlukan bahan berbahaya seperti borax untuk membuat bakso yang berkualitas. Bahan yang dapat menjadikan bakso tetap kenyal meskipun tanpa borak adalah baking soda yang anda gunakan. Anda dapat memilih baking soda yang berkualitas. Bahan yang satu ini sangat mudah untuk dan temukan di toko roti atau bahkan di toserba. Cara ini dapat anda lakukan di rumah dan kemudian bakso dapat di masak menjadi berbagai macam masakan yang menggugah selera. Anda dapat menyajikan bakso dengan kuah bakso, di goreng atau bahkan di masak menjadi masakan lainnya sesuai dengan selera anda.

Porsi: 5 orang
Persiapan : 30 menit
Waktu memasak: 90 menit

Baca: Resep Bakso Solo Legendaris Yang Terkenal Di Seluruh Indonesia

0 komentar