Cara Mudah Membuat Tahu Bakso Rumahan

Pernah mengunjungi kota Semarang? Pasti kenal oleh - oleh satu ini. Benar sekali, tahu bakso bisa dibilang adalah salah satu jajanan wisata khas kota tersebut. Memang pelancong bisa membeli camilan tersebut kapan saja tapi bagaimana jika kamu tidak sedang dalam melakukan perjalanan liburan? Bagaimana jika tiba - tiba ngidam tapi sayangnya dimana - mana tidak ditemukan makanan khas ini disekitar rumah? Pastinya mengesalkan. Nah, sebelum kamu menjadi lebih kesal dan bad mood, ada cara lebih menarik dan aktif yang bisa dilakukan yakni memasak sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat tahu bakso secara benar agar cita-rasanya menggugah selera? Berikut ini ulasan singkat. Semoga dapat membantu.


Baca: Oleh - Oleh Tahu Bakso Semarang Lezat Yang Wajib Untuk Para Pelancong

Bahan - bahan:

- Tahu Putih
- Daging sapi
- Daging ayam
- Tepung sagu
- Telur ayam
- Daun bawang
- Bawang putih
- Garam
- Air
- Bawang putih
- Bawang merah
- Merica
- Kaldu

Baca: Resep Bakso Gepeng Sederhana Nan Nikmat

Cara Membuat:

1. Pertama, selalu persiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Khusus untuk jenis tahu, kamu bisa menggantinya dengan bentuk kotak atau sumedang sesuai selera. Kemudian, resep penting rahasia agar bisa membuat isian daging yang lezat adalah menggabungkan kedua jenis daging yakni sapi dan ayam.

2. Lalu, cara selanjutnya adalah memasukkan daging ayam serta sapi ke dalam wadah penggiling diikuti bumbu halus. Bumbu tersebut berasal dari bawang merah, bawang putih, merica, garam, yang dihaluskan. Kemudian, masukkan bawang ke mangkuk. Campur semuanya hingga menjadi adonan.

3. Kemudian, ambil telur, pecahkan, masukkan isi telur ke wadah dan uleni lagi sampai tercampur sempurna. Langkah selanjutnya, tambahkan tepung sagu terlebih dahulu. Aduk kembali sampai merata. Lalu masukkan tepung terigu dan daun bawang campur kembali hingga jadi satu.

4. Setelah semua lumat secara sempurna, proses dilanjutkan membuat jajanan spesial ini. Ambil tahu, belah bagian tengah menjadi dua. Ingat tidak perlu sampai terbelah. Cukup belah atau iris sedikit secara mendatar.

5. Kemudian, masukkan adonan tersebut menggunakan sendok. Lakukan secara hati - hati serta merata. Isi hingga semua rongga terpenuhi. Lakukan hingga bahan utama dan adonan habis terpakai.

6. Lalu, siapkan proses perebusan. Caranya masukkan air ke dalam wadah. Tuangkan pula sedikit garam sebanyak setengah sendok makan, setelah itu, letakkan juga bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam panci.

7. Tata semuanya ke dalam nampan dan letakkan di panci. Ingat, level air di panci tidak perlu banyak - banyak, secukupnya saja. Kemudian, setelah selesai menata, tahu bisa dikukus hingga matang. Biasanya membutuhkan waktu hingga setengah jam atau lebih.

8. Cara perebusan lain adalah membiarkan tahu bakso tenggelam dalam air yang ada di panci. Lakukan seperti halnya jika kamu merebus bakso. Kemudian, tunggu hingga mengambang dan sudah bisa diangkat. Sampai pada tahap ini, sebenarnya proses pembuatan sudah selesai.

9. Akan tetapi, bila ingin mencoba sesuatu yang berbeda maka kamu bisa menggorengnya. Lalu dihidangkan sebagai camilan keluarga berbekal cabai rawit. Untuk variasi olahan yang berbeda, kamu bisa memotongnya tersebut menjadi beberapa bagian atau membiarkannya utuh lalu mengolahnya menjadi berbagai menu masakan berbeda mulai dari sop atau oseng lain.

Bagi para pelancong yang sudah pernah mengunjungi Semarang, khususnya Ungaran, pasti tahu rasa lezat dari jajanan ringan ini. Kini kamu tidak lagi harus kesusahan, jauh - jauh berkunjung ke luar kota untuk mendapatkannya. Karena resep tahu bakso ungaran bisa dibuat secara mudah. Cara membuat tahu bakso tidaklah rumit. Cukup mengikuti langkah sederhana, menyiapkan bahan secara sempurna, mengolah secara tepat dengan komposisi yang pas serta seimbang dan voila! Makanan khas ini hadir, siap untuk disantap.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Tengkleng Sederhana




0 komentar