Olahan Bakso Tempe Sederhana Dan Menggugah Selera

Menjadi ibu rumah tangga pastinya harus pintar-pintarnya mengelola rumah dengan baik. Tidak hanya itu saja, salah satu prestasi yang bisa dibanggakan oleh para ibu adalah hasil dari masakan mereka. Hampir semua ibu memiliki kreasi mereka sendiri yang bisa menggugah selera untuk keluarganya. Bahkan bahan sisa bekas masakan kemarin pun bisa diolah dengan lezat. Salah satunya adalah tempe yang bisa dijadikan bakso tempe.


Bakso yang dibuat dari tempe ini memang masih jarang ditemukan dan bahkan hanya bisa dibuat oleh ibu rumah tangga saja. Masakan rumahan ini menjadi salah satu alternatif yang sangat bagus untuk tambahan dari variasi menu sehari-hari agar tidak merasa bosan. Biasanya kita mengolah tempe hanya dengan digoreng, dijadikan campuran tumis serta dicampur dengan sambal. Namun kali ini memang sedikit berbeda karena bahan dari kedelai ini akan dibuat sebagai bahan utama pembuatan bakso. Keluarga akan merasa senang karena menu mereka bertambah. Nah untuk membuatnya, Anda bisa melihat beberapa petunjuk memasak bakso dari tempe.

Baca: Resep Hidangan Sup Bakso Istimewa

Bahan pembuatan bakso tempe

Sebelum kita memasak bakso tersebut, kita sediakan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan. Bahan ini bisa ditemukan dimanapun bahkan pasar tradisional sekalipun. Untuk mengingatkan saja bahwa bahan tempe ini bisa menggunakan tempe yang setengah matang sehingga mudah untuk menghancurkannya. Namun apabila Anda tidak bisa menemukan tempe setangah matang bisa menggunakan tempe yang sudah matang. Berikut bahan-bahannya.

- 1 papan tempe ukuran besar
- 8 sendok makan tepung terigu
- 6 sendok makan tepung kanji
- 1 butir telur ayam
- 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- Lada secukupnya

Langkah-langkah membuat bakso:
1. Langkah pertama potong terlebih dahulu 1 papan tempe ukuran besar dibentuk dengan ukuran kecil. Setelah itu kukus sampai empuk. Selain tempe, kukus juga brokoli sebagai tambahannya.

2. Kemudian tempe yang sudah dikukus lalu dihaluskan menggunakan blender ataupun gilingan biasa.

3. Campur tempe tersebut dengan bahan tepung terigu, tepung kanji, lada, penyedap rasa, dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk sampai adonan tercampur rata. Biasanya untuk membuat campuran tercampur merata bisa menggunakan tangan yang menggunakan sarung tangan untuk memasak. Namun Anda juga bisa menggunakan alat untuk mencampurnya.

4. Setelah adonan tercampur, buatlah adonan berbentuk bulatan sampai adonan habis.

5. Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan bulatan yang sudah dibuat kedalam air yang sudah mendidih.

6. Tunggu sampai adonan mengapung yang artinya sudah matang dan siap untuk disajikan.

Apabila ada bakso dari tempe pastinya kita juga harus mempersiapkan kuah untuk baksonya. Untuk langkah pembuatan bakso dari tempe ini bisa dilihat berikut ini.

Baca: Resep Membuat Bakso Ikan Sederhana Nan Nikmat

Bahan kuah bakso:

- 1 sdm kecap manis
- 25 gr bawang bombay
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- ½ sdt gula
- Lada secukupnya
- 2 sdm minyak goreng
- 100 gr brokoli

Langkah-langkah pembuatan bakso :
1. Cincang terlebih dahulu bawang bombay dan juga bawang putihnya.

2. Lalu siapkan minyak kedalam wajan.

3. Tumis bawang bombay dan juga bawang putih sampai baunya harum.

4. Masukkan brokoli kedalamnya dan diberi kecap manis, garam, gula serta lada. Tumis lagi dan pastikan semuanya tercampur. Setelah itu tambahkan air kedalamnya sampai mendidih. Tunggu sekitar 15 menit untuk mendidihkan air. Bakso tempe siap disajikan bersama dengan kuahnya.

Menghasilkan : 5 mangkok
Porsi : 5 orang
Waktu persiapan : 15 menit
Waktu memasak : 20 menit

Baca: Resep Bakso Bom Super Enak Dan Lezat




0 komentar