Resep Membuat Bakso Ikan Sederhana Nan Nikmat

Ikan adalah salah spesies makhluk hidup yang banyak dijumpai di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada dahulu jenis hewan air ini hanya digunakan sebagai lauk saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, binatang air ini banyak digunakan untuk bahan dasar membuat berbagai macam masakan kuliner yang nikmat. Salah satu hidangan berbahan dasar ikan ini yaitu sebuah bakso. Saat ini telah terdapat kuliner bakso yang berbahan dasar ikan. Rasanya masakan yang satu ini terkenal sangat nikmat. Anda juga bisa membuat masakan ini di rumah sendiri. Berikut ini terdapat ulasan tentang cara membuat bakso ikan sederhana yang nikmat.


Baca: Resep Bakso Bom Super Enak Dan Lezat

Bahan Untuk Membuat Bakso Ikan

Bahan adalah sebuah benda atau barang yang harus ada dalam pembuatan sebuah masakan. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan bakso ikan. Sebuah bahan ini sangat penting untuk menciptakan kuliner dengan rasa yang nikmat seperti yang diinginkan. Berikut ini berbagai macam bahan untuk resep bakso ikan nikmat yang perlu dipersiapkan.

- Ikan tenggiri, kakap atau tuna ( pilih salah satu) sebanyak 500 gram
- Bawang putih sebanyak 5 siung
- Air es batu secukupnya
- Tepung kanji sebanyak 50 gram
- Telur 1 butir
- Merica yang berbentuk bubuk ½ sendok teh
- Garam secukupnya
- Kecap ikan sesuai selera
- Daun bawang
- Seledri secukupnya
- Penyedap rasa
- Kaldu
- Kecap ikan

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Jumbo Spesial

Langkah-Langkah Membuat Bakso Ikan

Jika semua bahan telah tersedia di dapur anda, tahapan berikutnya yaitu mengolah bahan-bahan tadi menjadi sebuah menu hidangan bakso ikan yang nikmat. Dalam proses pengolahan ini, anda harus mengikutinya secara runtut agar mendapatkan kualitas rasa masakan yang enak. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat hidangan bakso ikan yang mantab.

1. Cuci bersih ikan tersebut. Ambilah daging ikan tersebut. Pisahkan dengan kepala, duri dan sirip dari ikan tersebut dari dagingnya.

2. Setelah tinggal menyisakan dagingnya, cincang sampai benar-benar hancur dan halus.

3. Tambahkan putih telur kedalam cincangan daging ikan tersebut.

4. Tambahkan pula bawang putih, merica, dan garam. Jangan lupa untuk menambahkan penyedap rasa.

5. Ambillah daun bawang dan potong tipis-tipis.

6. Masukkan tepung kanji beserta irisan dari daun bawang pada poin ke lima.

7. Tambahkan air es kedalam adonan tadi dan gunakan mixer untuk mencampurkannya atau anda juga bisa menggunakan tangan secara langsung.

8. Gunakanlah sendok untuk membantu membentuk bulatan-bulatan bakso

9. Panaskan air pada sebuah panci sampai mendidih.

10. Masukkan pentol bakso tadi kedalam air mendidih pada panci. Tunggu beberapa saat sampai bulatan tersebut mengambang. Angkat dan diamkan sampai benar-benar dingin.

11. Untuk kuahnya, siapkan air lagi dalam panci. Tambahkan kecap ikan, kaldu, garam dan merica kedalamnya. Masukkan juga irisan daun seledri. Masak sampai mendidih.

12. Ambillah mangkok dan taruh bakso didalamnya. Tambahkan kuah dan bakso daging ikan siap untuk dikonsumsi. Agar rasa lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan saos sambal dan kecap kedalam hidangan ini.

Itulah tadi berbagai macam bahan dan cara yang harus dilakukan untuk membuat bakso ikan yang nikmat. Dengan adanya resep masakan ini, anda tidak akan merasa bingung lagi untuk membuat variasi makanan dengan bahan dasar daging ikan. Selain itu, adanya cara memasak daging ikan ini akan menambah wawasan anda tentang olahan resep kuliner istimewa. Bahkan dengan keahlian dapat membantu anda untuk membuka usaha masakan kuliner.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Terenak Granat Yang Super Besar



0 komentar