Menikmati Camilan Dengan Cara Bikin Bakso Ayam

Saat sedang luang atau bersantai dari jam kerja pasti kita suka makan cemilan untuk memberikan sedikit tambahan energi sembari berbincang dengan reka kerja ataupun keluarga. Camilan yang banyak disantap pada umumnya bisa dibeli dari warung ataupun toko camilan yang saat ini mudah didapatkan. Namun ada yang lebih sehat ketika kita bisa membuat camilan sendiri pada di waktu senggang kita. Salah satu menu camilannya yaitu bakso rasa daging ayam. Cara bikin bakso ayam ini sangat mudah dan bahannya pun mudah ditemukan.


Baca: Mie Bakso Spesial Sederhana Dengan Kuah Bakso Spesial

Bahan dasar untuk membuat bakso ayam

Sebelum kita membuat resep untuk camilan dari daging ayam ini, maka bisa disiapkan terlebih dahulu bahan dasarnya. Bahan dasar untuk cara membuat bakso ayam ini sangat mudah ditemukan di pasar atau toko swalayan lainnya. Bahannya cukup mudah ditemukan di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Berikut ulasannya.

Bahan tambahan :
- 1 kg daging ayam yang sudah dipisah daging dan juga tulangnya.
- 1 ons tepung kanji sebagai perekat
- Es batu secukupnya

Bumbu untuk membuat bakso ayam :
- 3 siung bawang putih kupas
- 2 sendok bawang merah yang sudah digoreng
- 1 sendok teh penyedap rasa
- 1 sachet penyedap rasa daging sapi
- 1/4 ons gula merah
- 1 saset kecap
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 butir Telur
- 1/2 sdt kecap hitam
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdm baking powder
- 1 sdm minyak goreng

Baca: Resep Nasi Goreng Bakso Mudah Dan Menggugah Selera

Langkah-langkah membuat bakso daging ayam :

1. Masukkan daging ayam dan juga es batu ke food processor. Tunggu sekitar 5 menit sampai daging menjadi halus sempurna.

2. Selanjutnya, masukkan bahan lainnya yang sudah disediakan.

3. Giling kembali sampai adonan menjadi hancur dan tercampur dengan daging. Usahakan saat penggilingan jangan terlalu lama karena bakso bisa menjadi kurang kenyal.

4. Lalu masukkan adonan daging yang sudah siap kedalam mangkuk dan diuleni sampai terlihat kalis atau tidak menempel ditangan.

5. Setelah itu panaskan air sampai mendidih dan masukkan royco kedalamnya.

6. Setelah mendidih bisa dimatikan kompornya lalu buatlah adonan berbentuk bulat dan bisa dimasukkan kedalam air yang sudah di didihkan

7. Lakukan hingga sampai adonan habis.

8. Kemudian hidupkan kompor kembali untuk memasak adonan yang sudah dibuat dengan api yang kecil dan tunggu sekitar 25 menit. Usahakan agar airnya hanya mendidih dengan dengan ukuran panas yang tidak berlebihan.

9. Apabila bakso mengapung maka bisa diangkat dan langsung dimasukkan kedalam air es.

10. Bakso rasa daging ayam siap untuk disajikan.

Cara untuk membuat bakso dengan daging ayam ini bisa diganti dengan daging sapi atau ikan sesuai dengan selera. Cita rasa sajian bakso ini bisa disajikan sebagai salah satu camilan yang lezat. Biasanya bagi beberapa orang yang suka sekali dengan sajian bakso ini digoreng terlebih dahulu dan dicocol dengan sambal tomat. Namun apabila Anda tidak menyukai gorengan maka bisa langsung dicocol dengan kondisi yang direbus.

Itulah beberapa informasi untuk cara bikin bakso ayam yang enak dan juga praktis. Bakso ayam yang lezat ini bisa dibuat sendiri dirumah tanpa harus repot membeli dipasar atau swalayan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 20 menit

Baca: Cara Membuat Tahu Bakso Ungaran yang Enak

0 komentar