Resep Bakso Sayur

Bakso adalah salah satu menu makanan yang paling banyak diminati khususnya di Indonesia dimana beberapa wilayah biasanya menyajikan menu bakso dengan rasa khas yang berbeda beda. Perbedaan bakso pada tiap tiap sajian biasanya dapat dibedakan berdasarkan rasa bakso, rasa kuah dan juga tampilan sajian. Bakso dapat dibuat dengan menggunakan dua jenis daging yaitu bakso daging ayam dan bakso daging sapi. Namun jika kedua jenis bakso tersebut sudah sangat umum dan mudah untuk anda jumpai maka berikut ini ada jenis bakso yang paling unik dan tentunya sangat aman dikonsumsi untuk segala kalangan dan segala kondisi. Bakso tersebut adalah bakso sayur dimana bakso tidak dibuat dengan menggunakan daging ayam maupun sapi namun dibuat dengan menggunakan bahan sayuran. Menu bakso sayur tentu saja sangat aman dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki larangan untuk mengonsumsi daging. Bakso sayur memang jarang untuk ditemui namun anda dapat mengintip resepnya dibawah ini. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat bakso sayur tersebut maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.


Baca: Resep Cara Membuat Kuah Bakso Malang Enak Nan Spesial

Bahan Bakso Sayur :

- Daging ayam ¼ kg (bagian dada)
- Tepung terigu 10 sdm
- Tepung kanji 5 sdm
- Wortel 1 buah
- Jagung manis 1 bonggol
- Telur 1 butir
- Daun bawang 1 batang
- Bawang merah 4 siung
- Bawang putih 1 siung
- Lada bubuk 1 sdt
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Baca: Resep Cara Memasak Kuah Bakso Enak Nan Spesial

Cara Pembuatan Bakso Sayur :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu rebus daging ayam yang telah disiapkan terlebih dahulu. Untuk takaran daging ayam juga dapat diberikan sesuai dengan selera. Agar rasa ayam lebih terasa maka anda pun juga dapat menambahkan porsi daging ayamnya.

2. Jika sudah selesai maka daging dapat dihaluskan dengan menggunakan blender.

3. Berikutnya parut wortel dan juga jagung manis.

4. Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan ulekan.

5. Masak air dengan panci dan sambil menunggu air mendidih maka campurkan semua bahan kemudian di uleni hingga bahan tercampur rata. Jika sudah maka adonan dapat dibentuk menjadi bola bola.

6. Setelah air mendidih maka masukkan bola bola adonan ke dalam panci dan setelah itu angkat dan tiriskan apabila adonan sudah mengapung.

7. Jika sudah maka bakso sudah siap dan dapat di camil langsung atau dapat juga di goreng dan dapat juga disimpan ke dalam freezer.

Itulah resep bakso sayur yang dapat anda buat sendiri di dapur rumah anda. Perlu untuk diperhatikan bahwa pembuatan bakso ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga jangan disimpan ke dalam freezer dalam waktu yang lama. Bakso yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet maka tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kini anda pun dapat membuat sajian makanan sehat yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh anak anak maupun untuk para keluarga yang berpantangan untuk mengonsumsi bakso daging. Bakso sayur juga merupakan solusi makanan yang sangat tepat untuk kesehatan. Namun untuk anda yang ingin mengkombinasikan daging ayam maupun sapi untuk olahan bakso sayur ini juga dapat dilakukan sebab sayur mudah untuk di aplikasikan dengan bahan apa saja. Untuk pilihan jenis sayuran juga dapat dipilih sesuai dengan selera yaitu selain wortel dan jagung juga ada brokoli dan beberapa sayuran hijau lainnya. Bakso sayur juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan berkuah baik sajian bakso kuah, sop bakso, oseng oseng bakso, sambal bakso, dan lain sebagainya.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Membuat Bumbu Kuah Bakso Solo Super Enak

0 komentar