Resep Cara Memasak Kuah Bakso Enak Nan Spesial

Pentol bakso merupakan salah satu makanan yang sangat nikmat. Jenis makan yang berbentuk bulat ini biasanya terbuat dari daging ayam atau juga daging sapi yang digiling dengan tambahan berbagai macam bumbu. dengan adanya tambahan bumbu pada gilingan daging sapi atau ayam tersebut, maka rasanya pun juga menjadi sangat nikmat. dalam penyajiannya, sebuah pentol bakso akan ditambahkan kuah di dalamnya. Agar kuah bakso terasa enak, maka terdapat resep khusus untuk membuat kuah bakso enak.



Baca: Resep Membuat Bumbu Kuah Bakso Solo Super Enak

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso

Bakso dengan kuah yang nikmat merupakan suatu masakan yang menggoda selera. Untuk membuat kuah dari olahan daging sapi atau ayam yang digiling ini, maka persiapkanlah semua bahan terlebih dahulu. Hal ini perlu anda lakukan untuk mendapat sebuah kuah bakso dengan rasa yang lezat. Berikut ini bahan-bahan kuah bakso yang enak.
- Pentol bakso sapi sebanyak 20 buah yang berukuran besar
- Tulang iga sapi sebanyak 400 gram
- Air yang bersih 4 liter
- Lada bubuk 1 sendok teh
- Gula pasir secukupnya
- Daun bawang 4 batang
- Bawang putih yang dihaluskan sebanyak 4 siung
- Kaldu rasa sapi secukupnya
- Garam sesuai selera masing-masing

Baca: Resep Masakan Kuliner Bakso Sapi Kenyal Yang Nikmat

Langkah-Langkah Membuat Kuah Bakso

Setelah berbagai macam bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso telah tersedia, tahapan berikutnya berupa proses pengolahan. Untuk menghasilkan citarasa dari kuah bakso yang nikmat, anda wajib mengikuti setiap tahapannya secara urut. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

1. Ambil dan letakkanlah tulang iga sapi dalam sebuah wadah. Potong bahan ini sesuai selera anda.

2. Letakkanlah panci di atas kompor. Masukkan 4 liter air kedalamnya. Tambahkan pula potong daging tulang iga tadi kedalam panci tersebut.

3. Nyalakan api dan pansakan air tersebut. Tunggulah sampai air mendidih dan tulang iga yang anda masak menjadi empuk dan matang.

4. Ambilah pentol bakso dan buat dua sayatan secara melintang. Masukkan bulatan bakso tersebut kedalam panci yang berisi tulang iga sapi

5. Setelah tulang iga dan bakso matang, tambahkan bawang putih. Aduklah kuah tersebut agar bawang putih tercampur secara merata.

6. Masukkan juga bahan bumbu lainnya, seperti lada, kaldu rasa daging sapi, gula pasir dan garam. Aduklah semua bumbu dan bahan tersebut sampai tercampur rata.

7. Panaskan air tadi untuk beberapa saat agar bumbu dapat meresap kedalam pentol bakso dan daging tulang ia secara sempurna.

8. Jangan lupa untuk mencicipi kuah tersebut. Apabila kurang asing, maka anda dapat menambahkan porsi dari garamnya.
Tambahkanlah sedikit demi sedikit sampai menemukan rasa yang pas dilidah anda.

9. Apabila kuah bakso terlalu asin, anda bisa menambahkan gula. Penambahan gula ini juga harus dilakukan secara sedikit demi sedikit sampai ditemukan perpaduan gula dan garam yang sesuai.

10. Sediakan mangkok yang bersih dan kering. Letakkan bakso dan tulang iga kedalamnya. Tambahkan juga kuah yang telah dimasak tadi. Anda juga dapat menambahkan saos, kecap dan sambal kedalamnya. Kuah bakso yang lezat pun siap dihidangkan.

Itulah tadi berbagai jenis bahan dan tata cara mengolah atau membuat sebuah kuah bakso enak nan spesial. Dengan adanya resep ini, diharapkan Dapat menambah pengetahuan anda dalam hal membuat sebuah kuah untuk bulatan bakso yang terasa enak. Selain itu, dengan adanya resep ini, maka anda dapat membuatkan makanan istimewa setiap harinya bagi keluarga.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi: 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Dan Bahan Untuk Membuat Bakso Ikan Tuna Lezat


0 komentar