Resep Membuat Bumbu Kuah Bakso Solo Super Enak

Sebagai sebuah masakan yang terkenal di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, hampir disetiap daerah memiliki hidangan bakso yang menjadi ciri khas tersendiri. Salah satu daerah yang menjadikan bakso sebagai sebuah masakan kulinernya yaitu Solo. Bakso dari salah satu daerah di Jawa Tengah ini memiliki citarasa tersendiri. Bakso solo memiliki rasa yang nikmat dan pentol baksonya pun sangat nikmat. Maka tidaklah mengherankan jika banyak orang yang menyukai bakso dari daerah yang terkenal batiknya tersebut. hal yang menarik dari bakso Solo ini adalah rasa kuahnya yang begitu nikmat dan menggoda. Sebenarnya anda juga dapat memasak hidangan fenomenal dari kota Solo ini sendiri. Berikut ini terdapat pembahasan mengenai bumbu kuah bakso solo yang sangat istimewa.


Baca: Resep Masakan Kuliner Bakso Sapi Kenyal Yang Nikmat

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bumbu Kuah Bakso Solo

Sebagai sebuah makan favorit, bakso sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia. Jenis makanan yang satu ini memiliki rasa yang lezat. Salah satu daerah yang menjadikan bakso menjadi kulinernya yaitu Solo. Bakso solo terkenal memiliki rasa yang enak. Rasa enak dalam bakso asal kota yang terkenal dengan batiknya ini tidak lepas dari kuah yang dibuat dari berbagai macam bahan. Berikut ini terdapat bahan-bahan yang wajib disediakan pada dapur anda untuk membuat bumbu kuah bakso khas Solo yang lezat.
- 7, 5 liter air bersih
- 2 batang daun dari bawang merah
- 100 gram bawang putih
- 1 ruas jari jahe yang telah dimemarkan
- 1 gram merica
- Tulang sapi bagian iganya sesuai selera
- Garam sesuai kebutuhan
- Daun seledri yang telah diiris kecil-kecil
- Irisan tipis bawang merah yang telah digoreng secukupnya
- Penyedap rasa sesuai selera masing-masing

Baca: Cara Dan Bahan Untuk Membuat Bakso Ikan Tuna Lezat

Cara Pengolahan Bumbu Kuah Bakso Solo

Apabila semua bahan untuk membuat bumbu Solo tersedia di dapur anda, langkah berikutnya adalah mengolah semua bumbu tersebut agar menjadi sebuah kuah yang nikmat. dalam tahapan ini, anda wajib mengikuti segala proses memasak secara urut. Berikut ini urutan memasak kuah untuk bakso Solo yang nikmat.

1. Siapkanlah tulang iga sapi tersebut. Potonglah iga sapi ini sesuai selera anda.

2. Ambilah bawang putih kemudian kupas kulitnya. Cuci dan haluskanlah bahan tersebut.

3. siapkan wajan penggorengan yang berisi minyak. Panaskan dan masukkan bawang putih yang telah dihaluskan tadi. Tumis sampai tercium bau harum.

4. Siapkan panci besar diatas kompor dan masukkan air sebanyak 7,5 liter. panaskan air tersebut. Masukkanlah tumisan bawang putih tadi kedalamnya.

5. Tambahkan tulang iga sapi, daun bawang merah, merica, garam dan jahe kedalam panci diatas. Aduklah semua bumbu dan bahan diatas agar tercampur secara sempurna.

6. Tunggulah sampai tulang iga benar-benar empuk dan matang.

7. Jangan lupa untuk menambahkan penyedap rasa. Masaklah kuah tersebut sampai mengeluarkan kaldu. Kuah bakso Solo pun telah siap dihidangkan.

Itulah berbagai macam bumbu kuah bakso Solo yang harus disiapkan. Selain itu, dalam resep diatas juga terdapat proses tentang pengolahan bumbu tersebut agar menjadi sebuah kuah bakso khas Solo yang nikmat. dengan adanya resep yang satu ini, maka diharapkan dapat menambah wawasan anda dalam membuat sebuah masakan yang nikmat. jika memiliki kemampuan memasak yang luas, maka anda tidak akan kesulitan dalam membuat menu makanan harian dan hal ini juga akan menghemat pengeluaran belanja anda.



Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi: 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Mudah Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kepala Sapi


0 komentar