Resep Bakso Bom Super Enak Dan Lezat

Apakah yang ada dalam pikiran anda tentang bom? Pasti yang terbayang adalah sebuah benda yang berbahaya dan sangat mematikan bukan? Akan tetapi hal ini tidak terjadi pada dunia kuliner. Saat terdapat sebuah masakan nikmat yang diberi nama bakso bom. Jenis hidangan yang satu ini merupakan sebuah inovasi dari menu masakan bakso yang sangat familiar bagi kalangan warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kuliner yang satu ini dinamai demikian karena memiliki cita rasa yang nikmat dan mampu memberikan sensasi rasa yang meledak, sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi.


Bahan Membuat Bakso Bom

Sebelum memulai untuk membuat bakso bom ini, alangkah baiknya menyiapkan berbagai macam bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan merupakan sebuah hal penting yang harus ada agar dalam pembuatan masakan ini berjalan lancar. Berikut berbagai macam bahan yang diperlukan dalam pembuatan kuliner yang enak dan lezat ini.

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Jumbo Spesial

Bahan untuk adonan bakso
- Daging sapi 400 gam
- Bawang merah 2 siung
- Bawang putih 2 siung
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa sesuai selera
- Tepung tapioka secukupnya
- Air es batu
- Telur yang diambil bagian putihnya saja 1 butir

Bahan untuk isiannya
- Bawang putih sebanyak 2 siung
- Bawang merah 3 siung
- Cabe rawit seseuai selera ( lebih banyak, lebih baik)
- Penyedap rasa
- Garam seperlunya

Baca: Resep Membuat Bakso Terenak Granat Yang Super Besar

Cara Membuat bakso Bom

Makanan bernama bakso bom memiliki cita rasa yang unik. Hal ini karena dalam pembuatan terdapat isian cabe di dalamnya, sehingga terkesan meledak pedasnya saat digigit. Agar menghasilkan sensasi rasa bakso yang super enak, maka dalam proses memasaknya harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini langkah-langkah dalam memasak atau membuat sebuah masakan istimewa bernama bakso bom mantap yang perlu diperhatikan.

1. Ambillah daging sapi yang telah disiapkan. Potong-potonglah daging tersebut dan kemudian cuci menggunakan air bersih.

2. Setelah dibersihkan, masukkan daging tadi kedalam mesin gilingan daging, tidak lupa untuk menambahkan air es. Giling sampai daging sapi tersebut benar-benar lembut dan halus. Jangan lupa untuk menambahkan tepung tapioka selama proses penggilingan.

3. Haluskan bawang putih dan bawang merah dengan cara ditumbuk. Tambahkan garam dan penyedap rasa.

4. Campurkan adonan daging tadi dengan bumbunya. Tambahkan juga putih telur yang telah disiapkan. Uleni semua bumbu dan adonan tadi. Buatlah sampai tercampur secara merata dan adonan menjadi kalis.

5. Haluskan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih dengan cara di tumbuk. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

6. Buat bulatan dari adonan bakso tadi dan jangan lupa untuk memasukkan sambal cabe rawit tadi. Tutup rapat pentol bakso tersebut setelah diisi dengan tumbukan cabe rawit.

7. Siapkan air dalam panci dan rebus sampai mendidih.

8. Masukkan bulatan-bulatan adonan tadi kedalam panci berisi air yang telah mendidih tersebut. Biarkan beberapa saat sampai pentol bakso mengambang.

9. Setelah itu, angkat dan diamkan sampai dingin bulatan daging sapi tersebut.

10. Dalam penyajiannya, bakso bom ini dapat ditambahkan dengan mie kuning, sayur dan kuah sesuai selera anda.

Demikianlah berbagai macam bahan dan cara membuat masakan bakso bom yang nikmat. Adanya resep yang satu ini akan menambah wawasan anda dalam mengolahkan masakan kuliner yang spesial. Selain itu, juga akan menambah keahlian Dalam membuat berbagai macam inovasi hidangan bakso yang super enak.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Yang Mudah




0 komentar