Resep Mantab Level Super Bakso Pedas Untuk Keluarga

Indonesia adalah negara yang kaya akan hidangan berasa pedas. Dimana saja aneka masakan berbumbu cabai dan rempah selalu hadir untuk masyarakat Indonesia termasuk bakso pedas. Jika ditanyai mengapa seseorang bisa suka dengan makanan rasa pedas, alasannya pasti bermacam - macam. Mulai dari rasa yang semakin mantab bila diberi tambahan pedas hingga lebih menggugah selera. Cita rasa dari cabai ini digunakan untuk membumbui beragam jenis masakan termasuk bakso. Sebagai salah satu olahan favorit, makanan ini termasuk paling banyak dibuat sebagai hidangan rumah. Nah, bagaimana cara membuat masakan mantab ini? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini.


Baca: Mencoba Pengalaman Gila Mencicipi Bakso Rusuk Joss

Bahan - bahan:

- Bakso sesuai selera (bisa sapi, ayam, atau ikan)
- Cabai merah
- Cabai setan
- Cabai rawit
- Bawang merah
- Kemiri
- Garam
- Kecap manis
- Saus pedas
- seledri

Baca: Cara Membuat Pentol Bakso Untuk Camilan Keluarga

Cara Pembuatan:

1. Selalu awali kegiatan memasak dengan mempersiapkan bahan - bahan yang akan digunakan. Temukan semua hal yang dibutuhkan terutama bakso. Untuk satu ini, paling mudah bisa mendapatkan produk langsung saji di mini market atau pasar swayalan. Tapi bila tidak terlalu percaya bahan yang sudah jadi maka dapat juga membuat terlebih dahulu dari daging olahan.

2. Jenisnya bermacam - macam dari daging sapi sebagai tipe paling banyak dicari. Sampai ke bahan alternatif lain seperti daging ikan atau ayam. Kemudian, setelah mendapatkan bahan utama lanjutkan mempersiapkan bumbu.

3. Bumbu pedas dibuat dari tumbukan cabe merah, dicampur bawang merah, cabe setan berwarna oranye, cabe rawit hijau, bawang merah serta kemiri. Masukkan semuanya ke wadah lalu tumbuk hingga merata.

4. Pada dasarnya, cara menghaluskan bumbu bisa dilakukan menggunakan blender. Selain hasilnya lebih banyak, waktu yang diperlukan juga lebih singkat dan efisien. Tapi tentu aroma bumbu akan berbeda dari tumbukan. Dari sini, kamu bisa memilih model paling cocok dengan kebutuhan.

5. Setelah bumbu berhasil dibuat, taruh ke dalam wadah, diamkan sebentar. Lanjutkan langkah ke memasak bahan utama. Kamu bisa membuat masakan kering yang digoreng atau direbus, tergantung sesuai selera.

6. Bila berminat untuk membuat masakan kering maka tumis hingga berwarna coklat keemasan. Goreng semua bahan utama sampai matang. Tiriskan. Gunakan kertas minyak untuk menyerap sisa - sisa minyak sehingga menjadi lebih kering dan garing.

7. Kemudian, ambil wajan, taruh di atas kompor. Hidupkan api kecil. Panaskan minyak di dalam wajan. Setelah cukup panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tumis sampai mengeluarkan aroma wangi.

8. Tahap selanjutnya, masukkan sedikit air secara perlahan, beri garam serta gula didalamnya. Agar rasa menjadi lebih kaya, tambahkan kecap manis juga saus ke bumbu tadi. Oseng sampai matang lalu ambil bakso yang tadi disimpan.

9. Saat memasukkan bakso, tetap aduk bumbu dan urap semua hingga tercampur sampai merata. Tambahkan potongan seledri bila ingin mendapatkan aroma yang lebih tajam. Setelah masakan matang sempurna, matikan kompor, pindahkah ke piring lalu hias. Taburkan bawang merah dan putih goreng diatasnya agar terasa lebih sedap.

Seperti itulah cara membuat bakso pedas gila goreng. Tentu menu berkuah tetap bisa dibuat. Caranya hampir sama. Hal membedakan adalah kamu hanya perlu membuat kuah tambahan. Menu bakso juga tidak perlu digoreng, cukup direbus. Langkah membuat kuah tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memasukkan bahan seperti kuah kaldu, merica, garam, sedikit gula, ke dalam rebusan air hingga matang. Tambahkan pula potongan cabai bila ingin rasa lebih kaya. Demikianlah cara membuat bakso pedas lezat khas keluarga.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Cara Mudah Membuat Tahu Bakso Rumahan

0 komentar