Mencoba Pengalaman Gila Mencicipi Bakso Rusuk Joss

Bagi penggila bakso, mungkin sudah pernah mendengar tentang bakso rusuk joss. Sebagian orang lain mungkin terasa asing di telinga. Sebenarnya seperti apa, sih rasa menu masakan terkenal itu? Masakan spesial menggunakan tambahan bahan tulang rusuk, merupakan bagian tulang muda, terasa empuk sekaligus gurih. Bagian ini digunakan sebagai salah satu tambahan menu utama, menghadirkan cita rasa unik sekaligus menggugah selera. Seperti apakah cara membuat hidangan ini? Yuk, simak ulasan resep mudah berikut.


Baca: Cara Membuat Pentol Bakso Untuk Camilan Keluarga

Bahan - bahan:

- Daging sapi, lebih enak bagian iga tapi jika tidak ada tidak apa - apa
- Tepung kanji
- Es batu
- Garam
- Gula
- Merica
- Bawang putih
- Air
- Minyak ayam
- Penyedap rasa
- Tambahan daun bawang potong, bawang goreng, dan seledri agar menu lebih berwarna dan kaya rasa

Baca: Cara Mudah Membuat Tahu Bakso Rumahan

Cara Pembuatan:

1. Cara membuat menu ini bisa dibilang gampang - gampang susah. Pada dasarnya caranya tidak jauh berbeda dengan membuat bakso pada umumnya. Hanya kamu menambahkan rusuk didalamnya. Tapi kalau pengolahannya salah atau kurang tepat, bisa jadi makanan tidak lezat, juga berminyak.

2. Agar bisa berasa gurih tanpa terlalu berminyak, memasak menu harus dilakukan secara tepat. Kamu harus melumatkan daging terlebih dahulu. Bisa dilakukan menggunakan blender atau alat penggiling.

3. Agar proses lancar, potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian sebelum digiling. Saat menggiling, masukkan pula bawang putih kedalamnya, es batu, garam, gula dan merica. Tidak lupa bumbu penyedap rasa juga diikutsertakan. Lalu, lakukan hingga semua halus.

4. Setelah itu, sisihkan ke dalam mangkuk. Buat bulatan dari sendok dan gunakan tangan kamu agar bisa membuat bulatan sempurna. Teknik ini membutuhkan sedikit skill biar hasilnya bagus. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu sebelumnya, mempraktikkannya beberapa kali sampai luwes.

5. Kemudian, ambil panci ukuran besar. Isilah air hingga sepertiganya. Masukkan minyak ayam kedalamnya. Setelah mendidih, masukkan bola - bola ke dalam seluruhnya sampai tuntas. Tungguhlah hingga matang. Proses ini bisa memakan waktu 30 menit.

6. Kamu akan tahu jika sudah matang bila bakso mengambang di panci mendidih. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Lalu lanjutkan ke proses memasak tulang rusuk iga. Ambil panci baru, isilah air secukupnya. Rebus hingga matang lalu masukkan iga.

7. Kemudian, rebus sampai benar - benar lunak. Biasanya memakan waktu 15 menit kurang atau lebih. Resep bakso rusuk iga bisa menjadi gurih sekaligus empuk ada pada proses pembuatan awal tadi dan perebusan tulang.

8. Setelah itu, matikan api. Ambil, diamkan sejenak, potong - potong jadi beberapa bagian. Langkah seterusnya adalah membuat kuah. Caranya juga mudah. Rebus air yang telah dimasuki bumbu seperti garam, gula, merica, juga kuah kaldu. Tambahkan juga minyak sayur.

9. Rebus kuah hingga matang. Lalu ambil mangkuk, masukkan bakso, daging tetelan, dan mie agar lebih lengkap. Tuangkan kuah diatasnya. Taburkan daun bawang, bawang goreng, serta seledri. Hidangan siap untuk disantap.
Tidak hanya dari segi rasa, kuah saji menu ini terasa lezat. Gabungan rasa gurih, aroma sedap dan rasa mantap adalah hal yang akan kamu temukan dalam hidangan Bakso rusuk joss. Siapapun yang bilang bahwa ia penggila bakso maka wajib untuk menikmati makanan ini.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Oleh - Oleh Tahu Bakso Semarang Lezat Yang Wajib Untuk Para Pelancong

1 komentar: