Sayur Sop Bakso Sebagai Menu Favorit Keluarga Anda

Sayur sop memang menjadi salah satu menu favorit bagi orang Indonesia yang mana bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya itu saja, untuk membuat sayur sop ini sangatlah mudah karena bahan yang diperlukan bisa ditemukan di pasar tradisional maupun juga di pasar modern. Hampir semua supermarket menyediakan jenis sayuran untuk bahan pembuatan sop.Namun biasanya banyak orang memberikan variasi lain yang bisa digunakan sebagai salah satu campuran untuk sop ini. Salah satu varian menu yang juga menjadi salah satu menu populer adalah sayur sop bakso.


Sayur sop dengan campuran bakso ini memang mudah dibuat serta banyak anak yang suka dengan jenis bakso. Hidangan yang satu ini juga bisa dijadikan menu untuk anak Anda yang tidak menyukai sayuran yang mana bisa dicampur dengan bakso. Hal ini menambah jajaran makanan Indonesia yang sangat khas dan juga unik. Untuk langkah-langkah membuatnya bisa disimak berikut ini.

Baca: Buat Bakso Goreng Untuk Cemilan Saat Bersantai

Cara membuat sayur sop campuran bakso :

Untuk membuat sayur sop varian bakso, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahannya yaitu :
- 4 lembar kol yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang
- 2 buah kentang yang dipotong dadu sedang
- 2 buah wortel dan dipotong berbentuk bulat tipis
- 1 batang seledri diiris tipis-tipis
- 1 batang daun bawang yang sudah diiris
- 5 buah bakso sapi dipotong-potong sesuai selera
- 1 liter air putih
- 1/2 sendok makan garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 bungkus kaldu sapi
- 1 sendok minyak untuk menumis
- 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu halus :
- 5 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- Garam secukupnya

Baca: Olahan Bakso Tempe Sederhana Dan Menggugah Selera

Langkah-langkah membuat :

1. Siapkan wajan untuk menumis. Kemudian tuangkan minyak sayur yang sudah disiapkan.

2. Kemudian tumis bumbu halusnya yaitu bawang merah, bawang putih, dan juga garam. Tunggu sampai baunya harum.

3. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan air dan campur dengan bahan seperti wortel, dan juga kentang. Usahakan sampai setengah matang sehingga saat dimakan tidak keras. Tunggu sekitar 15 menit sampai matang.

4. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu seperti merica, garam, dan juga kaldu sapi.

5. Setelah itu masukkan semua bahan seperti kol, daun bawang, seledri, bakso dan tunggu sampai semuanya matang. Biasanya bahan ini sangat mudah matang sehingga dimasak ketika wortel dan juga kentang sudah melunak. Tunggu sekitar 10 menit.

6. Apabila kurang asin bisa menambahkan kaldu yang akan memberikan rasa sedap pada masakan Anda. Namun banyak juga yang memilih garam untuk asin yang lebih kuat. Keduanya tergantung dari bagaimana kita pintar-pintarnya merasakan masakan yang kita buat.

7. Nah apabila sudah matang semua maka bisa diangkat dan ditaburi dengan bawang goreng. Bawang goreng ini menambah bau yang sedap dan juga rasa masakan yang berbeda dari yang lainnya.

8. Sop siap disajikan menggunakan mangkok ataupun tempat sayur lainnya.
Itulah cara membuat sayur sop bakso yang praktis dan juga lezat. Anda bisa menikmati hidangan yang satu ini bersama keluarga yang akan menambah keharmonisan dalam keluarga. Semoga resep yang satu ini bisa menambah wawasan Anda dalam melakukan kreatifitas memasak. Selamat mencoba dan semoga menyenangkan.

Menghasilkan : 5 mangkok
Porsi : 5 orang
Waktu persiapan : 15 menit
Waktu memasak : 20 menit

Baca: Resep Hidangan Sup Bakso Istimewa

0 komentar