Resep Bakso Enak Campuran Daging Sapi

Makanan khas Indonesia memang banyak sekali yang harus dicoba yang mana setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri. Bagi orang indonesia makanan adalah salah satu ciri khas mereka yang bisa menunjukkan identitas dari budaya masyarakat mereka.Tidak hanya itu beberapa kuliner dari Indonesia juga memiliki sejarah serta cerita yang sangat unik dan tidak bisa didapatkan dari negara lain. Salah satu kuliner indonesia yang menjadi salah satu makanan populer yaitu bakso. Resep bakso enak bisa ditemukan melalui internet tetapi tidak semua orang bisa membuatnya dengan rasa yang lezat.


Mungkin menciptakan rasa yang lezat dan juga khas juga harus memiliki keterampilan sendiri dan juga memiliki ide yang briliant sehingga menciptakan karya kuliner yang luar biasa. Untuk beberapa orang beranggapan bahwa membuat bakso itu sangatlah sulit dan juga merepotkan. Tetapi kali ini kita akan membagikan resep bakso yang enak dan juga mudah dibuat dirumah. Berikut cara membuatnya.

Baca: Sayur Sop Bakso Sebagai Menu Favorit Keluarga Anda

Bahan untuk membuat bakso :

- ½ kg daging sapi yang sudah digiling halus
- 50 gr tepung kanji
- ½ sendok teh lada bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan bawang putih yang sudah digoreng
- 2 sendok makan bawang merah goreng
- 40 gr es batu
- 2 liter air

Bahan untuk kuah bakso :
- 200 gr tulang sapi
- 3 liter air

Bahan untuk membuat kuah :
- 5 siung bawang merah yang sudah digoreng
- 7 siung bawang putih
- ½ sendok makan bawang goreng yang sudah jadi
- 2 sendok teh kaldu sapi
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan garam dapur yang halus
- ½ sendok teh merica bubuk
- 4 daun bawang yang sudah diiris-iris halus

Baca: Buat Bakso Goreng Untuk Cemilan Saat Bersantai

Langkah membuat bakso:

1. Cara untuk membuat baksonya yaitu dengan memasukkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, yang sudah dihaluskan. Campurkan sampai merata.

2. Setelah itu masukkan daging sapi yang sudah digiling dan diuleni sampai adonannya terasa kalis atau tidak lengket. Untuk mencampurkannya bisa menggunakan tangan atau food processor sehingga tidak repot.

3. Setelah itu semuanya tercampur maka bisa menambahkan es batu kedalam adonan apabila dagingnya lembek dan juga sulit untuk dibentuk.

4. Buat adonan menggunakan sendok dengan cara mengambil adonan dengan sendok dan dibentuk bulatan.

5. Kemudian rebus air kedalam panci dan tunggu sampai mendidih.

6. Setelah mendidih bisa memasukkan adonan bakso yang sudah dibuat bulatan dan tunggu sampai bakso tersebut mengapung. Apabila adonannya sudah mengapung maka bisa ditiriskan. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.

Cara membuat kuah bakso :
1. Siapkan air kemudian didihkan.

2. Lalu masukkan semua bahan dan juga bumbu halus kedalam adonan secara bersamaan.

3. Setelah itu tunggu sampai airnya mendidih dan tulangnya menjadi matang.

4. Untuk penyajian kuahnya bisa dipisah dengan baksonya atau disiram bersama bakso. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Demikian resep bakso enak yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Untuk menikmati bakso tidak perlu datang dan membelinya diluar. Anda bisa membuatnya untuk porsi banyak yang mana bisa untuk pesta ataupun acara keluarga besar. Resep ini sangat cocok untuk Anda pecinta bakso yang mana bisa dinikmati tanpa harus repot membeli.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 20 menit
Waktu memasak : 30 menit

Baca: Olahan Bakso Tempe Sederhana Dan Menggugah Selera

0 komentar