Resep Bakso Kuah, Cara Memasak Kuah Dan Bakso Yang Gurih Dan Lezat

Baso adalah makanan berbentuk bola-bola daging dan sangat populer di Indonesia. Umumnya, hidangan ini dibuat dari beragam jenis bahan seperti tepung tapioka, daging sapi, dan lain sebagainya. Alternatif lain bisa menggunakan jamur, ayam, atau bahkan udang. Biasanya, menu ini disantap saat masih panas dengan kuah kaldu being yang dicampur berbagai komposisi antara lain tahu goreng, mie keriting, telur, taoge, taburan bawang goreng, dan lain-lain. Untuk menambah cita rasa, ada juga yang melengkapinya dengan sambal cabe merah, saus, serta kecap manis. Karena jajanan ini begitu terkenal, tidak sulit menemukannya baik di jalan ataupun di resto rumah makan. Meskipun mudah didapat, tak ada salahnya anda juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Untuk memudahkan proses memasak, anda dapat mempelajari resep bakso kuah dalam artikel ini terlebih dahulu.


Baca: Bakso Rusuk: Pedas Dan Enak

Komposisi utama

- Untuk memasak kuah yang lezat dan sedap, siapkan daging sapi sebanyak 250 gram.
- Gunakan juga bagian yang mempunyai atau terdapat tulang.
- bawang merah 15 siung dan sudah dihaluskan sebelumnya.
- 7 siung bawang putih yang sudah halus.
- 4 sendok makan kemiri dan ditumbuh hingga lembut.
- 1 sdm garam.
- lada hitam bubuk seperlunya.
- satu liter air putih.

Selain mengumpulkan bahan utama, beberapa pelengkap juga dibutuhkan untuk menunjang resep bakso kuah lezat, yaitu:
- bawang goreng sesuai selera.
- daun bawang yang masih segar dan diiris kecil-kecil.
- 20 butir baso.

Baca: Resep Bakso Super Gurih Serta Menggugah Selera

Tips memasak

1. Langkah-langkah memasak kuah sangatlah mudah, persiapkan terlebih dahulu berbagai bahan utama. Penting untuk dicatat bahwa kenikmatan kuah ada pada rasanya yang kuat yang biasanya berasal dari kaldu yang didapat dari rebusan bumbu beserta kedua jenis daging. Untuk proses memasaknya, anda akan memerlukan panci presto. Jika tidak ada, panci biasa bisa digunakan.

2. Letakkan panci diatas kompor. Masukkan daging yang sudah disediakan. Tuangkan air serta nyalakan kompor. Tunggulah selama beberapa menit sampai air mendidih dan panci presto mendesis. Matikan kompor. Kuah siap disajikan bersama bulatan-bulatan yang sudah dibuat.

3. Siapkan wadah, sejenis dengan mangkok. Masukkan mie bihun dan keriting, irisan daun bawang, tuangkan kuah dan bulatan-bulatan. Taburkan bawang goreng. Tambahkan sambal, saus, atau kecap sesuai selera masing-masing. Baso pun siap disantap dengan kerupuk ataupun ketupat.

Di samping menggunakan sapi, anda bisa memanfaatkan ikan laut ataupun ayam sebagai bahan utama. Cara pembuatan atau proses memasaknya juga tidak jauh berbeda. Hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Perlu diingat tentang batasan waktu ketika merebus daging. Karena sapi mempunyai tekstur yang berbeda dengan ikan ataupun ayam, waktu yang diperlukan untuk merebus serta mendapatkan air kaldu daging juga bermacam-macam. Hindari memasak daging yang setengah matang ataupun terlalu matang.

Selain memahami resep bakso kuah, anda juga harus pintar membentuk bulatan-bulatan yang disajikan bersama bahan pelengkap lainnya. Komposisi yang dibutuhkan antara lain bawang putih yang sudah dihaluskan, tepung kanji, daging giling, merica, garam, putih telur, dan lainnya. Uleni bahan-bahan tersebut sampai kalis dan tercampur rata. Rebuslah air seperlunya dengan menggunakan panci sampai mendidih. Bentuklah adonan tadi menjadi bola-bola. Ini bisa dilakukan dengan bantuan dua sendok ataupun menggunakan tangan. Masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih tunggu hingga mengembang. Jika sudah matang, bola-bola tersebut akan mengambang, angkat kemudian tiriskan.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Atom Yang Sedap Dan Kenyal

0 komentar