Resep Mudah Membuat Bakso Jumbo Lezat

Bakso jumbo menjadi menu favorit di warung akhir-akhir ini. Setiap satu mangkok pasti ada bakso berukuran jumbo. Isinya bisa bermacam-macam, seperti telur, daging, dan lain sebagainya. Ukuran dan beratnya variatif, tergantung selera. Membuatnya sebenarnya mudah. Tergantung ada kemauan atau tidak. Memasak sangat menyenangkan bila disertai dengan passion yang tinggi. Makanan berbentuk bulat padat ini sudah terkenal sampai mancanegara. Nah, sebagai orang Indonesia, selayaknya kita dapat memasak makanan dari negeri sendiri ini.


Resep yang akan saya bagikan ini adalah cara praktis dan mudah untuk ditiru di rumah. Pastikan anda menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahannya mudah didapat di warung serta tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Bahan ini sudah termasuk protein maupun vitamin diperlukan bagi tubuh, contohnya daging, cabe, dan selederi. Berikut bahan plus takaran yang perlu dipersiapkan.

Baca: https://kokibakso.blogspot.com/2017/08/resep-bakso-malang-asli.html

Bahan-Bahan:

- Daging giling sebanyak 1500 gr
- Tepung tapioka seberat 500 gram
- Bawang putih 4 siung dihaluskan
- bawang merah 6 siung haluskan
- Daun seledri secukupnya
- merica bubuk sesuai selera
- ketumbar yang sudah dihaluskan secukupnya
- mie putih
- cabe rawit sesuai selera
- garam secukupnya

Baca: Resep Membuat Bakso Djingkrak Khas Kota Bandung

Cara Membuat Bakso Jumbo Lezat

Sebelum mulai membuat, persiapkan dulu barang yang akan dipakai, seperti panci untuk memasak, layah untuk menguleg atau menghaluskan bumbu, sendok, beberapa wadah untuk tempat bahan serta adonan, juga mangkok untuk menghidangkan. Berikut bukan hanya cara buat baso saja, melainkan juga kuahnya. Kuah juga harus dibuat enak dengan rempah asli Indonesia agar cita rasanya sedap di lidah maupun nyaman di lambung.

1. Campur daging giling, tepung tapioka, merica, bawang merah + putih, ketumbar, garam, daun seledri. Aduk hingga tercampur rata.

2. Buat adonan tadi menjadi bulat bulatan kecil maupun besar.Ukurannya sesuai dengan keinginan Anda. Jika, ingin memasukkan isian telur ke dalam baso besar juga bisa.

3. Panaskan air d dalam panci. Bila sudah mendidih, masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalamnya.

4. Bakso yang mengambang berarti sudah matang.

5. Masukkan garam, bawang halus, cabe yang telah ditumis, dan merica sedikit saja.

6. Jika sudah masak, angkat dan sajikan. Tambahkan bawang goreng bila perlu.

7. Bakso pun siap disantap.

Mudah bukan? Menyiapkan bakso untuk keluarga tidak usah beli di luar, hanya perlu memasak di rumah dengan memakan waktu tidak terlalu lama. Bakso adalah makanan ringan dan sederhana. Enak disantap dalam keadaan hangat, apalagi waktu hujan atau cuaca dingin. Dalam memasak memang diperlukan kesabaran dan taste yang bagus untuk menghasilkan hidangan mantap. Tidak harus memakai bahan yang sulit didapat, cukup menggunakan bahan di sekitar kita, bisa menghasilkan masakan istimewa. Indonesia kaya akan rempah-rempah. Rempah inilah yang diperlukan agar hasil hidangan terasa enak.

Kandungan protein ataupun vitamin ini sangat diperlukan sebagai asupan gizi bagi tubuh, khususnya d pagi hari agar bisa beraktivitas sebaik mungkin. Kandungan protein pada daging bisa membangun sel-sel tubuh serta sangat baik bagi pertumbuhan. Vitamin pada cabe dan seledri juga bagus untuk kesehatan indera penglihatan maupun menghindari sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kudapan nikmat di pagi maupun siang hari. Caranya praktis dilakukan, bahannya ada di sekitar kita, rasanya pun mantap. Selamat mencoba resep bakso jumbo.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Sapi Kuah Yang Segar, Enak Dan Makyus

0 komentar