Resep bakso telur spesial

Bakso, siapa sih yang bisa menolak kelezatan makanan yang satu ini? Mudah ditemukan dimana mana dan pastinya cocok disantap di suasana apapun. Di Indonesia sendiri, sudah banyak varian jenis bakso dan bahkan beberapa kota besar di Indonesia terkenal dengan segala jenis basonya, sebut saja bakso Malang, bakso Solo dan bakso Wonogiri. Bahan dasar pembuatan bakso tentu sama, yaitu terbuat dari daging sapi giling namun memiliki varian olahan yang berbeda. Salah satunya adalah bakso telur.


Varian jenis bakso memang beraneka macam. Dari mulai yang berisi daging, urat dan telur hingga yang lebih modern berisi keju, bakso beranak yang berukuran besar dan berisi bakso kecil di dalamnya hingga bakso kerikil yang memiliki ukuran kecil seperti halnya batu kerikil. Untuk bakso telur, bakso ini sama seperti varian bakso lainnya yang tetap menggunakan bahan dasar daging sapi, bedanya di dalam adonan daging itu diisi oleh sebutir telur ayam (atau bisa juga digunakan telur bebek). Bakso yang berisi telur ini biasanya ukurannya lebih besar dibandingkan dengan varian bakso lain.

Beberapa varian bakso yang selalu ada dan menjadi favorit adalah bakso urat dan bakso telur. Namun untuk artikel kali ini kami akan membahas cara untuk membuat bakso telur. Untuk membuat bakso telur ini tidak sulit, anda hanya perlu menyiapkan segala bahan-bahannya dan meluangkan waktunya saja. Membuat bakso telur yang spesial untuk 20 orang (hasil jadi sebanyak 20 mangkok), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca: Resep Mantab Level Super Bakso Pedas Untuk Keluarga

Bahan-bahan untuk membuat bakso telur

- Siapkan 20 butir telur ayam yang sudah direbus, lalu kupas kulitnya
- Siapkan 1kg daging sapi yang telah digiling
- Siapkan 3 butir telur ayam
- Siapkan 1½ sendok teh bubuk merica
- Siapkan 1 sendok teh bubuk pala
- Siapkan 2 sendok teh garam
- Siapkan 2 sendok makan tepung maizena
- Siapkan 6 sendok makan margarin
- Siapkan 1 butir bawang Bombay
- Siapkan 1 liter air
- Siapkan kecap
- Siapkan 1 sendok teh kaldu instant
- Siapkan kaldu instant
- Siapkan tepung tapioca yang sudah dilarutkan dengan air
- Siapkan minyak goreng secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan untuk membuat bakso telur
- Siapkan 12 siung bawang putih
- Siapkan 24 siung bawang merah
- Siapkan garam secukupnya

Baca: Mencoba Pengalaman Gila Mencicipi Bakso Rusuk Joss

Langkah-langkah untuk membuat bakso telur

1. Langkah pertama adalah campurkan daging giling bersama dengan 3 butir telur, bubuk pala, bubuk merica, garam serta tepung maizena. Kemudian diaduk hingga rata.

2. Lapisi telur yang sudah dikupas dengan campuran daging giling yang sudah diaduk rata. Tutupi semua bagian telur, dan goreng bakso hingga matang, angkat dan sisihkan.

3. Lelehkan margarin, lalu tumis bawang Bombay yang sudah dicincang bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga aromanya harum. Lalu tambahkan air, kaldu instan secukupnya dan juga kecap secukupnya. Aduk hingga rata dan diamkan hingga mendidih.

4. Masukkan telur yang sudah dilapisi dengan daging sebelumnya.

5. Tambahkan larutan tepung tapioca yang sudah dicampurkan dengan air, lalu masak hingga kuahnya mengental. Setelah itu sajikan.

6. Sajian bakso ini bisa anda lengkapi dengan bihun ataupun mie, daun seledri, bawang goreng dan juga sambal.
Demikianlah resep bakso telur yang bisa menjadi rekomendasi anda dalam membuat dan mengolah hidangan bakso yang lebih lezat dan nikmat.

Hasil : 20 mangkok, untuk 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam dan waktu masaknya 2 jam.

Baca: Cara Membuat Pentol Bakso Untuk Camilan Keluarga

0 komentar